silabus

silabus


SILABUS

Nama Sekolah              : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran             : Ekonomi
Kelas / Program           : X
Semester                      : 2       
Standar Kompetensi     :  4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi                         : 6 x 40 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1          Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro









2     Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

Ekonomi Mikro dan Makro
·   pengertian ekonomi mikro
dan ekonomi makro
·   perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro









Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
·      kemiskinan
·      pemerataan pendapatan





·   Mendeskripsikan pengertian
ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui  kajian  referensi.
·   Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
·   Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
·   Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro


·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
·         Mengkomunikasikan hasil diskusi.


·   Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro

·   Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
·   Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)



·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).

·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.



Jenis tagihan:  pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok

Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas,
4 x 40 menit

















2x40 menit




refrensi yang relevan
pada sumber bahan.





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah              : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran             : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Pertemuan                    : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi     : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan
  makro.
Indikator                      : • Menunjukkan perbedaan ekonomi mikro dengan
    makro.
  • Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang
    ekonomi.

I.   Tujuan Pembelajaran
      Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
   • mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro;
   • mendeskripsikan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
II.  Materi Ajar/Materi Pokok
   • Perbedaan ekonomi mikro dan makro.
   • Peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
      Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
      1. Kegiatan Awal
            • Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi perbedaan ekonomi makro
  dan mikro, peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab tentang perbedaan ekonomi makro dan mikro.
      2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan perbedaan antara ekonomi makro dan mikro.
• Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Memberikan contoh berbagai peran dan fungsi pemerintah di bidang
   ekonomi.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai peran dan fungsi
   pemerintah daerahnya di bidang ekonomi.
• Mengadakan latihan.

      3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
   didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
            • Gambar atau foto.
      • Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
      • Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
      • Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
      1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
      2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi mikro!
2) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi makro!
3) Bagaimana peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan
    ekonomi jika dikaitkan dengan teori ekonomi?
4) Bagaimana kaitan antara ekonomi mikro dan makro?
5) Mengapa dalam analisis ekonomi perlu mengetahui komponenkomponen
    ekonomi mikro dan makro?
b. Penugasan
        Identifikasilah peran dan fungsi pemerintah daerah di tempat tinggal
   Anda dalam bidang ekonomi.




Mengetahui                                                                               Metro,         Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. Hi. sukandi                                                                        Dra. Maryani
NIP.                                                                                         NIP.
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah              : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran             : Ekonomi
Kelas/Semester            : X/2
Pertemuan                    : 1 × pertemuan
Alokasi waktu              : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi     : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi
  pemerintah di bidang ekonomi.
Indikator                      : • Menunjukkan permasalahan ekonomi negara
     berkembang.
  • Menunjukkan permasalahan ekonomi negara maju.
  • Menunjukkan permasalahan ekonomi Indonesia.

I. Tujuan Pembelajaran
      Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara berkembang;
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara maju;
• mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
  bidang ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
      Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
      1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi masalah-masalah yang
  dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab mengenai masalah-masalah yang dihadapi
   pemerintah di bidang ekonomi.
      2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara
   berkembang.
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara maju.
• Menjelaskan berbagai masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
   bidang ekonomi.
• Memberikan contoh masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi
  yang dihadapi pemerintah daerahnya.
• Mengadakan latihan.
      3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
      1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
      2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara
     berkembang!
2) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara maju!
3) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi pemerintah Indonesia!
4) Bagaimana pemerintah Indonesia mengatasi permasalahan
     ekonomi yang sedang dihadapi?
5) Tunjukkan berbagai kebijakan pemerintah dalam rangka mengatasi
permasalahan ekonomi!
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah berbagai masalah ekonomi yang dihadapi
pemerintah daerah tempat tinggal Anda! Identifikasikan juga kebijakankebijakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut!




Mengetahui                                                                               Metro,         Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs. Hi. sukandi                                                                        Dra. Maryani
NIP:                                                                                         NIP: