silabus
SILABUS
Nama Sekolah : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi : 6 x 40 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro 2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi | Ekonomi Mikro dan Makro · pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro · perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi · kemiskinan · pemerataan pendapatan | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui kajian referensi. · Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas · Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi. · Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro · Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan). · Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi. · Mengkomunikasikan hasil diskusi. | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro · Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro · Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll) · Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan). · Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. | Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, | 4 x 40 menit 2x40 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan
makro.
Indikator : • Menunjukkan perbedaan ekonomi mikro dengan
makro.
• Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang
ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro;
• mendeskripsikan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Perbedaan ekonomi mikro dan makro.
• Peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi perbedaan ekonomi makro
dan mikro, peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab tentang perbedaan ekonomi makro dan mikro.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan perbedaan antara ekonomi makro dan mikro.
• Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Memberikan contoh berbagai peran dan fungsi pemerintah di bidang
ekonomi.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai peran dan fungsi
pemerintah daerahnya di bidang ekonomi.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa .
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi mikro!
2) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi makro!
3) Bagaimana peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan
ekonomi jika dikaitkan dengan teori ekonomi?
4) Bagaimana kaitan antara ekonomi mikro dan makro?
5) Mengapa dalam analisis ekonomi perlu mengetahui komponenkomponen
ekonomi mikro dan makro?
b. Penugasan
Identifikasilah peran dan fungsi pemerintah daerah di tempat tinggal
Anda dalam bidang ekonomi.
Mengetahui Metro, Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Hi. sukandi Dra. Maryani
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : MAN 2 Metro
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi
pemerintah di bidang ekonomi.
Indikator : • Menunjukkan permasalahan ekonomi negara
berkembang.
• Menunjukkan permasalahan ekonomi negara maju.
• Menunjukkan permasalahan ekonomi Indonesia .
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara berkembang;
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara maju;
• mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
bidang ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab mengenai masalah-masalah yang dihadapi
pemerintah di bidang ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara
berkembang.
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara maju.
• Menjelaskan berbagai masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
bidang ekonomi.
• Memberikan contoh masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi
yang dihadapi pemerintah daerahnya.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa .
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara
berkembang!
2) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara maju!
3) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi pemerintah Indonesia !
4) Bagaimana pemerintah Indonesia mengatasi permasalahan
ekonomi yang sedang dihadapi?
5) Tunjukkan berbagai kebijakan pemerintah dalam rangka mengatasi
permasalahan ekonomi!
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah berbagai masalah ekonomi yang dihadapi
pemerintah daerah tempat tinggal Anda! Identifikasikan juga kebijakankebijakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut!
Mengetahui Metro, Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Hi. sukandi Dra. Maryani
NIP: NIP: